Tips membangun rumah minimalis di tepi pantai

 

Siapa yang tidak ingin membangun rumah ditepi pantai? Sebagian besar orang pasti ingin memiliki rumah ditepi pantai. Memiliki rumah minimalis ditepian pantai memang menjadi keinginan sebagian besar orang, apalagi pantai menawarkan berjuta keindahan laut yang menyenangkan akan semakin membuat orang bermimpi memiliki rumah ditepian pantai.

Jika kamu salah seorang yang mendambakan memiliki hunian ditepi pantai atau malah sedang berencana untuk membangunnya, tentu harus memikirkan dengan baik rencana tersebut. Ada point-point khusus yang harus dipertimbangkan jika ingin memiliki hunian ditepi pantai, salah satunya ialah lokasi. Pemilihan lokasi akan sangat berpengaruh dengan pembangunan dan perawatan hunian.

 

Tips membangun hunian ditepi pantai

 

Perhatikan Kondisi Tanah

Kondisi lahan memang menjadi hal yang harus diperhatikan. Tanah yang akan digunakan untuk bangunan yang baik harus memenuhi syarat tidak rawan terkena erosi serta tidak mudah amblas. Hal ini dilakukan supaya tanah bisa menopang berat rumah dengan kokoh, jika tanah yang digunakan kondisinya tidak terlalu keras maka sebaiknya gunakan pondasi cakar ayam.

Konstruksi Bangunan

Untuk antisipasi terjadinya banjir air pasang pastikan anda membangun rumah yang lebih tinggi dari permukaan laut, serta kekuatan dari pondasi rumah pun harus benar-benar diperhatikan. Begitu juga kedalaman dari pondasinya, harus disesuaikan dengan beban bangunan serta struktur tanahnya. Akan lebih baik jika melakukan pengetesan kedalaman tanah terlebih dahulu dan juga melakuakan stratifikasi tanah.

Pilihan Material Bangunan

Untuk antisipasi kerusakan bangunan akibat air laut yang mengandung garam dapat diatasi dengan menggunakan material beton precast. Tetapi jika ingin menggunakan kayu sebaiknya guanakn kayu ulin yang teksturnya kuat dan tahan akan air, perlu diingat jangan menggunakan material baja dan besi karna mudah karatan.

Memperbanyak Area Pandang

Rumah minimalis yang berada dipinggir pantai banyak diinginkan karna pemandangannya. Oleh sebab itu anda perlu memaksimalkan pandangan rumah kelaut, bisa dengan membuat banyak jendela, kaca, ataupun pintu yang lebar.

Itulah beberapa tips membangun rumah minimalis ditepian pantai.


Leave a Reply