Nyeri perut Selama Kehamilan

Temukan info tentang sakit pinggang sebelah kiri saat hamil di sini

Pelajari penyebab sakit perut selama kehamilan dan mencari tahu apakah gejala yang normal atau membutuhkan perhatian segera dari dokter Anda.

Beberapa nyeri perut selama kehamilan adalah normal: Setelah semua, organ-organ Anda terus bergerak, rahim Anda berkembang, dan ligamen Anda peregangan. Dan jangan lupa morning sickness. Tapi sakit perut selama kehamilan dapat jauh lebih serius (meskipun lebih jarang). Konsultasikan panduan kami untuk mempelajari cara untuk memecahkan kode sakit dan nyeri, menentukan kapan saatnya untuk memanggil dokter, dan empeng gejala sederhana.

Apa adalah beberapa penyebab berbahaya dari sakit perut selama kehamilan?

Sembelit nyeri ligamen bulat, berikut adalah beberapa penyebab umum yang menyebabkan sakit perut jinak dan nyeri selama kehamilan. Jika rasa sakit yang Anda alami terus, atau jika Anda memiliki gejala seperti pendarahan atau kram yang kuat, memeriksa dengan ob-gyn Anda.

membesarnya rahim Anda
Sebagai rahim Anda tumbuh, yang dipindahkan usus Anda, “yang dapat menyebabkan mual, rasa perasaan penuh dengan mudah, atau distensi perut Anda,” kata Patrick Duff, gelar M.D., profesor kebidanan dan ginekologi di University of Florida di Gainesville. Solusinya? Makan lebih sering, makanan kecil, berolahraga secara teratur, beristirahat, dan mengosongkan kandung kemih Anda sering.

nyeri ligamen bundar
“Kadang-kadang sebagai rahim membesar, itu membentang ligamen putaran – dua ligamen besar yang melakukan perjalanan dari depan rahim dan turun ke pangkal paha,” kata Dr Duff. Anda mungkin merasa ini sebagai ketidaknyamanan perut bagian bawah yang menjalar ke pangkal paha; mungkin tajam dan menikam ketika Anda mengubah posisi atau kusam dan sakit. Ini biasanya dimulai pada trimester kedua dan akan hilang dengan sendirinya, tapi jika Anda sangat tidak nyaman meminta ob-gyn Anda jika Anda dapat mengambil acetaminophen.

Sembelit dan gas
Sembelit dan gas, sayangnya, seringkali bagian dari kehamilan. Progesteron, hormon yang meningkat selama kehamilan, memperlambat seluruh saluran pencernaan Anda, membuat perjalanan makanan lebih lambat melalui itu. Untuk memerangi sembelit, minum banyak air dan makan makanan kaya serat. Jika itu tidak meringankan masalah, bidan atau ob-gyn mungkin merekomendasikan pelunak tinja atau suplemen serat.

Apa kasus yang lebih serius dari sakit perut selama kehamilan?

Banyak wanita memiliki kehamilan yang sehat, tapi komplikasi serius dapat mengembangkan yang membutuhkan perhatian segera dari ob-gyn Anda. Beberapa bendera merah untuk diperhatikan termasuk perdarahan, sakit parah, demam, dan gangguan visual.

Kehamilan ektopik
kehamilan ektopik atau tuba, di mana implan telur tempat lain selain rahim, paling sering di tuba falopi, terjadi pada 1 dari 50 kehamilan, menurut March of Dimes. Dalam hal tidak mungkin bahwa Anda memiliki kehamilan ektopik, Anda mungkin mengalami rasa sakit dan perdarahan antara 6 dan minggu ke-10 kehamilan, seperti tabung menjadi buncit. Wanita pada peningkatan risiko untuk kehamilan ektopik termasuk mereka yang telah mengalami kehamilan ektopik di masa lalu, atau memiliki panggul, perut, operasi tuba fallopi, dan mereka yang memiliki endometriosis, ligasi tuba, alat kontrasepsi dalam rahim (IUD) di tempat pada saat konsepsi, atau infeksi panggul. Uterus berbentuk tidak normal dan penggunaan teknik reproduksi buatan juga tampaknya meningkatkan risiko.

kehamilan ektopik tidak dapat melanjutkan dan memerlukan pengobatan segera. Jika Anda memiliki tes kehamilan positif tetapi belum pernah kehamilan Anda dikonfirmasi oleh pemeriksaan medis, dan Anda mengalami sakit perut, Anda harus dievaluasi segera oleh ob-gyn Anda, kata Linda Chambliss, MD, kepala kebidanan di St. Joseph Pusat Medis di Phoenix rumah sakit dan. Anda ob-gyn atau bidan dapat melakukan USG untuk memastikan apakah telur telah ditanamkan dalam rahim.

Keguguran
Ketika wanita mengalami sakit perut pada trimester pertama, “Anda selalu harus khawatir tentang keguguran,” kata Dr Duff, karena fakta disayangkan adalah bahwa 15 sampai 20 persen dari kehamilan berakhir dengan keguguran. Gejala keguguran termasuk perdarahan dan kram yang dapat berirama atau menyerupai kram menstruasi.

Pelajari lebih lanjut tentang keguguran
Persalinan prematur
Jika Anda mengalami kontraksi reguler sebelum Anda 37 minggu hamil, dan Anda memiliki sakit punggung terus-menerus, Anda bisa memiliki persalinan prematur. Sekarang bukan waktu untuk menunggu saja – sebut ob-gyn segera Anda. Kontraksi mungkin atau mungkin tidak disertai dengan bocor cairan vagina atau darah atau penurunan gerakan janin. Bahkan pro berpengalaman di kehamilan ketiga mereka mungkin tidak dapat mengetahui apakah kontraksi hanya Braxton Hicks atau persalinan prematur benar, Dr. Chambliss mengatakan, jadi dia meminta pasien untuk menelepon kapan saja mereka merasakan kontraksi. Anda mungkin berakhir dipulangkan karena alarm palsu (Dr. Chambliss mengatakan bahwa hingga 30 persen dari wanita yang muncul di unit triase nya), tapi itu lebih baik aman daripada menyesal, terutama dalam hal ini.

plasenta Anda adalah sumber oksigen dan nutrisi untuk bayi Anda. Biasanya implan tinggi pada dinding rahim dan tidak melepaskan sampai setelah bayi Anda lahir. Dalam kasus yang jarang terjadi (1 dari setiap 200 kelahiran), plasenta dapat memisahkan dari dinding rahim, komplikasi yang berbahaya, yang paling umum pada trimester ketiga. Dr. Duff menggambarkan rasa sakit dari solusio plasenta sebagai “parah, konstan, sakit yang bertambah parah perut bagian bawah.” rahim Anda mungkin menjadi batu keras (jika Anda menekan perut, tidak akan indent) dan Anda juga mungkin memiliki gelap, darah merah yang tidak memiliki gumpalan. Dalam beberapa kasus, seorang wanita mungkin pergi ke tenaga kerja ketika plasenta dia memisahkan, di mana kasusnya ob-gyn biasanya akan melahirkan bayi dengan operasi caesar darurat. Jika solusio ringan, dokter dapat memungkinkan kehamilan untuk melanjutkan atau mungkin menginduksi persalinan dan melakukan persalinan normal. Wanita yang berisiko untuk kondisi ini termasuk orang-orang yang memiliki riwayat solusio plasenta, atau yang memiliki tekanan darah tinggi, preeklamsia, dan trauma abdomen.

preeklamsia
Menurut Preeclampsia Foundation of America, preeklamsia dan gangguan hipertensi lainnya dialami oleh 5 sampai 8 persen dari semua wanita hamil. Preeklamsia dapat mengembangkan kapan saja setelah 20 minggu kehamilan, yang merupakan salah satu alasan mengapa dokter memeriksa tekanan darah Anda di setiap janji, dan itu ditandai dengan tekanan darah tinggi dan protein dalam urin. Karena tekanan darah tinggi pembuluh di rahim yang menyediakan janin dengan oksigen dan nutrisi, pertumbuhan bayi mungkin akan diperlambat. Preeklamsia juga meningkatkan risiko solusio plasenta, dimana plasenta terlepas dari dinding rahim sebelum pengiriman. Ketika preeklamsia parah, dapat disertai nyeri di bagian kanan atas perut Anda serta mual, sakit kepala, pembengkakan, dan gangguan visual, seperti lampu berkedip. Kalau Anda menduga bahwa Anda memiliki preeklamsia, sebut ob-gyn Anda segera.


Leave a Reply