Mengatasi pompa yang ditak mampu menyedot air

gear-pump

Persoalan pompa air tak dapat menyedot atau tak kuat mengisap adalah masalah yang paling umum serta hal semacam ini mungkin berlangsung pada pemasangan unit mesin pompa baru ataupun yang telah beroperasi untuk rentang saat yang lama.

Dalam masalah pompa sumur dangkal, atau type pompa yang ada di permukaan, perlakuan serta langkah perbaikan saat berlangsung permasalahan pompa tak kuat mengisap/tak menyedot, jadi langkah pertama sebelumnya anda mengambil keputusan untuk mengangkat semuanya pipa hisap, semakin lebih praktis bila terlebih dulu mengecek dengan cara tentu apakah motor (dimano) masihlah bisa bekerja dengan normal.

Yakinkan putaran motor dari unit pompa submersible anda masihlah dapat jalan sesuai sama rpm yang lumrah serta tak terdengar nada berisik, bising atau terdengar menggerus. Bila tunjukkan ada sinyal tanda putaran mesin pompa melambat, silahkan baca terlebih dulu artikel mengenai Kontrol mesin pompa.

Hingga disini anggap saja kalau keadaan motor (dynamo) masih tetap dalam kondisi sempurna, jadi masuk step setelah itu yaitu lakukan kontrol pada tabung angin pada pompa untuk tipe spesifik yang memanglah memakainya. Coba untuk menghimpit katup tabung angin serta meyakinkan masihlah ada desakan hawa yang cukup kuat dari dalam tabung.

Jikalau tak ada hawa sekalipun atau cuma sedikit melemah, artinya angin di dalam tabung sudah kosong mungkin saja juga alami kebocoran. Sebenarnya satu unit mesin pompa masihlah bisa dioperasikan dengan cara normal walau tanpa ada memakai tabung angin itu dengan prasyarat, mesti tutup rapat lubang (drat) nepel sisa tabung dengan memakai dop/plug yang sesuai sama ukuran.
Permasalahan lain pompa air tak dapat mengisap

Bila semuanya aksi diatas telah dikerjakan dengan benar tanpa ada mendapat masalah yang serius namun masih tetap saja pompa tak dapat mengisap air, jadi langkah final yang perlu dikerjakan yaitu mengangkat semua rangkaian pipa hisap dari dalam sumur.

Bebaskan semuanya sambungan pipa satu persatu serta mengecek pada tiap-tiap sisi untuk meyakinkan tak ada pipa yang pecah, retak atau bocor sekecil apa pun. Bila ada kebocoran di bagian pipa hisap, terutama yang ada diatas permukaan air, jadi bakal bikin mesin pompa kehilangan kevakuman hingga daya hisap bakal melemah bahkan juga tak ada sekalipun (kosong).

Memperbaiki-Pompa-AirSelanjutnya rangkai kembali pipa hisap, serta sekali lagi anda mesti meyakinkan kalau tusen klep yang ada di bagian ujung bawah masihlah bisa bekerja dengan baik. Pemasangan pipa hisap yang benar agar memerhatikan serta tahu berapakah kedalaman level air untuk memberi jarak paling aman pada posisi tusen klep pada basic sumur dan pada permukaan air hingga bakal melindungi posisi kemampuan air yang ada serta hindari peristiwa pompa kekurangan air (masuk angin).

Semuanya rangkaian pipa mesti tersambung dengan benar serta sembari dimasukkan dalam lubang sumur, kerjakan pengisian air pada pipa hisap sampai penuh sebelumnya anda menghubungkannya dengan mesin pompa, tunggulah sebagian waktu untuk meyakinkan tak ada kebocoran dibagian bawah dengan lihat kalau posisi air didalam pipa tak berkurang atau alami penurunan.
Kekeliruan Pemasangan Pipa Hisap

Masalah-Pompa-Air-Tidak-MenghisapKesalahan dalam cara pemasangan pipa hisap adalah aspek penyebabnya pompa air tak dapat mengisap yang seringkali berlangsung. Umumnya untuk customer yang menempatkan tanpa ada memakai layanan pakar atau tukang pompa kurang mempunyai pengalaman dalam soal ini.

Mereka cuma coba lakukan pemasangan dengan maksud bisa meletakkan unit mesin pompa serapi mungkin saja tanpa ada memperhitungkan efektifitas serta prosedur tehnis yang benar. Untuk mempermudah pekerjaan, anda bisa menggunakan gear pump. Untuk gear pum sendiri bisa anda beli di toko terdekat. Saat ini banyak yang jual gear pump yang bagus dan berkualitas

Gambar yang kiri sekilas cuma tidak sama pada rangkaian pipa hisapnya di mana pipa hisap terpasang dengan posisi melebihi ketinggian unit mesin pompa. Lantaran sebagus apa pun sambungan pipa yang dirangkai seperti ini tetaplah mempunyai kemungkinan masuk angin di bagian pipa yang ada diatas mesin hingga daya hisap pompa jadi lemah.

Gambar yang kanan berarti kalau sejauh apa pun unit pompa dari lubang sumur tetapi bila pipa hisa tetaplah ada di bawah mesin, jadi dengan cara tehnis akan tidak kurangi daya hisap pompa lantaran semua ruang pipa tak memiliki resiko berlangsung masuk angin.

Umumnya bila mesin pompa air masih tetap dalam keadaan normal, serta rangkaian pipa hisap sudah tersambung dengan benar, lalu spesifikasi pompa juga telah sesuai sama prosedur tehnis untuk kedalaman hisap yang di izinkan, jadi semestinya pompa air anda bakal segera bekerja serta bisa mengisap air dengan baik saat di nyalakan


Leave a Reply