Kamu Pelari? Ini Nutrisi Penting Buat Kamu

Lari yaitu satu diantara berolahraga paling baik untuk membakar kalori serta melindungi kesehatan. Akan tetapi, untuk pelari atau anda yang menyukai berolahraga lari, baiknya imbangi dengan juga konsumsi nutrisi yang ideal. Nutrisi yaitu komponen utama untuk mendukung kesibukan fisik yang satu ini. Bila anda kerap lari tetapi tak disertai nutrisi yang ideal, hal semacam ini bakal memengaruhi keadaan serta kesehatan badan anda.

Nutrisi Utama Untuk Pelari

Pelari

Banyak nutrisi yang dapat anda asup untuk penuhi keperluan badan anda. Tetapi untuk mendukung kesibukan anda, terutama yang hoby lari, ada 3 nutrisi utama yang begitu dianjurkan buat anda mengkonsumsi, salah satunya yaitu :

1. Karbohidrat

Pelari begitu memerlukan karbohidrat. Mengenai seberapa banyak karbohidrat yang diperlukan, itu bergantung dari seberapa cepat atau jauh anda lari. Lari dengan intensitas tinggi atau lari jarak jauh dengan cuma disertai dengan konsumsi karbohidrat yang rendah, jadi sama juga seperti mengendarai mobil tanpa ada bahan bakar. Meski minuman tambah energi mungkin saja mungkin menolong anda untuk lari lebih jauh, tetapi konsumsi karbohidrat datangnya dari beberapa makanan alami yang penuh gizi. Di antara beberapa makanan berkarbohidrat itu yaitu ubi jalar, nasi, quinoa, gandum, serta ada banyak lagi. Diluar itu, janganlah lupakan juga lemak serta protein yang diperlukan untuk menolong perbaikan serta pemulihan otot, dan manfaat badan utama yang lain.

2. Zat Besi

Sebelumnya lari, yakinkan juga kalau badan anda sudah terpenuhi dengan konsumsi zat besi. Zat besi bertindak utama untuk menolong membuat sel darah merah, yang bakal membawa oksigen ke otot badan. Kekurangan zat ini dapat menghindar otot badan dalam memperoleh jumlah oksigen yang maksimal. Tidak sama dengan karbohidrat, kekurangan zat besi umumnya dengan cara bertahap dapat menyebabkan anemia. Beberapa pelari mempunyai resiko yang tinggi untuk kekurangan zat besi lantaran keluar dari keringat. Sumber makanan untuk penuhi keperluan zat besi dapat diperoleh dari kacang-kacangan, daging merah, tahu, ikan, serta bayam. Untuk memaksimalkan penyerapan zat besi, gabungkan dengan juga makanan yang kaya vitamin C seperti jeruk, strobery, dsb.

3. Sodium

Beberapa pelari begitu butuh untuk konsumsi sodium. Hal semacam ini lantaran sodium memiliki dua peran utama sepanjang lari, yaitu penuhi keperluan cairan badan dan meyakinkan cairan yang dikonsumsi masuk ke pada badan dengan cara pas. Diluar itu, sodium adalah elektrolit paling utama yang keluar lewat keringat. Oleh karenanya, beberapa pelari membutuhkan konsumsi sodium sebelumnya, sepanjang, serta sesudah lari. Diluar itu, keperluan bakal sodium makin utama jika anda termasuk juga orang yang berkeringat asin. Tanda-tanda orang yang berkeringat asin dapat di ketahui bila mata mereka merasa pedih waktu keringat menetes masuk ke dalamnya, atau merasakan garis putih pada baju mereka. Mengenai sumber-sumber sodium yang dapat anda dapatkan dapat didapati pada sup, keju, roti, serta minuman tambah energi.


Leave a Reply