cara merawat rambut pria

Jenis Rambut Dan Cara Terbaru Mengatasinya

Ada beberapa tipe atau jenis rambut yang ada saat ini dan ini harus diketahui oleh semua orang agar bisa mengetahui cara untuk merawat sesuai dengan jenis rambut yang dimilikinya. Apalagi bagi seorang pria tentu ini harus menjadi sesuatu hal yang harus diperhatikan karena rambut menjadi sebuah mahkota yang harus di rawat dan di jaga. Berbagai cara merawat rambut pria dan wanita bisa didapatkan dengan mudah.

Jangan salah dari setiap tipe atau jenis rambut yang kita miliki berbeda – beda dalam melakukan perawatannya. Cara merawat rambut pria dari setiap jenis rambut ini akan di bahas dalam artikel saat ini.  adapun beberapa jenis rambut dan cara merawatanya diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Jenis rambut yang berminyak

Rambut berminyak salah satu jenis rambut yang disebabkan kelenjar minyak pada rambut atau kulit rambut sedang aktif sehingga kulit rambut menjadi lebih berminyak. Adapun cara merawatnya adalah :

  1. Cuci rambut setiap hari dengan menggunakan shampoo yang lembut. Bilas setelah 3 sampai 5 menit.
  2. Gunakan toner atau penyegar rambut agar terhindar dari rambut yang bau
  3. Gunakan handuk kering ketika selesai keramas
  4. Hindari makanan yang mengandung banyak berminyak
  5. Gunakan jus lemon untuk meminimalisir rambut yang berminyak
  • Jenis rambut kering

Jenis rambut yang kedua yaitu rambut yang kering. Rambut kering disebabkan kadar minyak pada rambut berada di bawah normal yang seharusnya sehingga kulit rambut menjadi kering. Atau  mungkin saja asupan gizi pada rambut sangat kurang sehingga rambut menjadi kering. Sehingga mengakibatkan rambut menjadi lebih mudah rusak, kusut, sulit disisir dan sangat rapuh. Adapun cara untuk mengatasi rambut kering adalah :

  1. Hindari keramas yang sering minimal 3 kali sehari
  2. Gunakan shampoo yang ringan dan gunakan conditioner bila diperlukan.
  3. Gunakan 2 sendok makan minyak zaitun dan madu dicampur dengan almond. Bungkus dengan handuk hangat selama 30 menit setelah itu bilas.
  4. Hindari pengecetan.
  • Jenis rambut kombinasi

Gabungan dari jenis rambut berminyak dan kering sehingga diperlukan keramas dengan menggunakan air panas.

  • Jenis rambut normal

Rambut normal ini memiliki kadar minyak yang normal dan tidak terlalu kering. Sehingga cukup melakukan 2 hari sekali keramas khususnya gunakan shampoo clear.


Leave a Reply