Jenis Makanan Khas Provinsi Jambi Yang Bikin Lidah Ketagihan

foto makanan khas jambi

Jambi yaitu kota yang sekalian ibukota dari propinsi Jambi. Kota yang terbelah oleh sungai Batanghari ini mempunyai sejuta pesona, salah nya ialah pesona kulinernya. Untuk anda yang telah pernah ke Jambi atau anda anak rantau datang dari Jambi, tentunya pernah rasakan makanan khas Jambi ini

Makanan khas Jambi ini populer bakal nikmatnya, serta yang tentu senantiasa buat kangen bakal ramahnya kota ini. Nah makanan apa saja itu? di bawah ini piknikdong akan ulas 5 makanan khas Jambi yang bakal buat anda kangen serta ingin balik ke Kota yang ramah ini.

1. Nasi Gemuk Khas Jambi

Nasi gemuk ini dapat disebut serupa dengan nasi uduk, bahan yang digunakan juga sama yaitu beras, santan, daun pandan, daun salam, serta daun jeruk.

Nah yang buat lain yaitu pelengkapnya seperti telur rebus, teri goreng, kacang tanah goreng, bawang goreng serta sambal. Dahulu kala nasi gemuk ini cuma dihidangkan pada acara serta hari spesifik saja, tetapi saat ini nasi gemuk dapat dijumpai dimanapun sebagai makanan khas kota Jambi.

2. Tempoyak, Lauk Rasa Durian Yang Menggoyang Lidah

Untuk yang belum coba tentu penasaran seperti apa rasa-rasanya makan dengan lauk tempoyak ini. Tempoyak yaitu masakan yang di buat dari buah durian yang di fermentasi serta begitu pas untuk dimanakan berbarengan nasi atau dapat pula jadikan bumbu sebagian masakan.

Tempoyak ini begitu populer dibeberapa daerah seperti Bengkulu, Palembang, Lampung dan Kalimantan. Diluar itu tempoyak dikenal juga di negara tetangga seperti Malaysia.

3. Kue Burgo Yang Lembut serta Gurih

Yang ketiga ini akan buat anda ngiler deh, Kue Burgo ini terbuat dari adonan tepung terigu serta sagu. Sepintas, kue ini serupa dengan dadar gulung, yang dihidangkan dnegan kuah gurih santan ditambah bawaang goreng.

Struktur yang kenyal serta lembut jadikan kue Burgo ini begitu disukai, baik warga lokal ataupun wisatawan, terlebih untuk orang yang kurang sukai dengan makanan manis.

4. Gulai Tepek Ikan Yang Melegenda

Gulai Tepek Ikan ini memiliki bahan basic ikan Gabus yang dimasak lewat cara di gulai. Diluar itu, Gulai tepek ikan ini adalah makanan yang telah ada mulai sejak dahulu kala, serta mempunyai niali histori.

Gulai Tepek Ikan disajikan pada peristiwa utama seperti, pernikahan, kenduri, acara kebiasaan, maupun menyongsong tamu yang istimewa. Tentang rasa-rasanya janganlah di tanya, lantaran begitu lezat.

5. Gulai Patin Yang Populer

Nah yang ke lima yaitu gulai patin khas Jambi. Saat anda berkunjug ke kota ini, ingat untuk mencicipinya. Gulai patin ini tidak sama dnegan gulai umumnya. Gulai Patin khas Jambi ini dimasak dnegan memakai tempoyak sebagai bumbu intinya.


Leave a Reply