Gaun Pesta Muslim Syar’i

Gaun Pesta Muslim Syar’i – Bagi wanita Muslim mengenakan baju yang sesuai dengan syariat agama merupakan suatu kewajiban. Baju tersebut haruslah yang longgar, tidak menunjukkan lekuk tubuh, dan tidak menerawang. Untuk baju sehari-hari mungkin mudah saja ditemukan di pasaran. Namun, untuk gaun pesta Muslim yang syar’i nampaknya agak susah ditemui. Kalaupun ada, terkadang harganya bisa dua kali lipat dari baju pesta biasa. Jika dipikir wajar saja hal tersebut terjadi, karena dari banyaknya kain dan jenis kain yang digunakan jelas ada perbedaan.

gaun pesta muslim syari

Misalnya saja kain yang digunakan haruslah yang tidak menerawang, seperti kain satin, dan tessa. Adapun untuk kain tambahan sebagai kombinasinya biasanya menggunakan brokat, tile, sifon, furing, dan lain sebagainya. Terkadang payet, bordir, atau aksesoris lainnya juga ditambahkan untuk menambah kesan mewah pada baju muslim. Sedangkan untuk desainnya lebih ke bentuk baju dengan model huruf A, yaitu baju lebar pada bagian bawah. Desain baju seperti itulah yang digemari karena tidak akan menampakkan lekuk tubuh bahkan lekuk kaki si pemakai.

Untuk motif gaun pesta Muslim syar’i ini, biasanya akan cenderung diletakkan di bagian sekitar bawah pinggang dan lengan. Hal ini dikarenakan dalam pemakaian kerudung pun juga harus menutupi bagian dada. Seperti halnya penambahan brokat yang diletakkan melingkar pada bagian pinggang layaknya ikat pinggang. Selain itu, penambahan sifon atau kain tile polos mulai dari pinggang hingga mata kaki juga sering dijumpai pada baju pesta muslim. Meskipun hal-hal tersebut terlihat sederhana, namun strukur dan jenis kain yang digunakan mampu membuat baju terlihat begitu mewah dan anggun.

Sudah disinggung di atas, bahwa harga gaun pesta Muslim syar’i ini sedikit berbeda dengan baju pesta lainnya. Hal ini dikarenakan demi kenyamanan si pemakai kualitas kain biasanya menggunakan yang di atas rata-rata. Ditambah lagi harus mengenakan kerudung, akan sangat mengganggu jika kain terasa panas atau kasar. Mungkin itulah perbedaan mendasar mengapa baju pesta Muslim syar’i ini cukup jarang ditemui dan cukup mahal di pasaran.


Leave a Reply