Divestasi Saham PT Freeport Menjadi Momentum Mengangkat Kemakmuran Rakyat Papua

Direktur Eksekutif PARA Syndicate, Ari Nurcahyo menyampaikan, pelepasan saham atau divestasi PT Freeport Indonesia bisa jadi momentum untuk pemerintah untuk mengangkat kemakmuran rakyat Indonesia terutama Papua.

Ari mengharapkan supaya pemerintah tak mundur dalam sistem negosiasi dengan Freeport, walau tengah jadi masalah lantaran Freeport masihlah menampik tawaran pemerintah yang mewajibkan pelepasan saham sebesar 51 %.

“Rakyat Papua hingga hari ini miliki keyakinan yang jelek pada Jakarta. Kebijakan ini mesti jadi pintu masuk pengembalian keyakinan, yang mana 51 % saham itu untuk kemakmuran rakyat Papua, ” tutur Ari dalam diskusi di kantor PARA Syndicate, di Jakarta Selatan, Jumat (24/2/2017).

Ini dapat searah dengan visi Presiden Joko Widodo yang menginginkan bangun Indonesia dari pinggir.

” Sampai kini orang-orang papua yang paling terpinggirkan dari hasil kekayaan tambang di Papua. Dengan mensupport perwujudan kemakmuran rakyat Papua, itu tunjukkan kalau kita negara yang kuat, ” katanya.

Menteri Daya serta Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memohon PT Freeport Indonesia (PTFI) untuk menaati semuanya ketentuan yang sudah di keluarkan, salah nya ialah divestasi saham sampai 51 %.

Menurut Jonan, ketentuan tentang divestasi saham terdaftar dalam Ketentuan Pemerintah (PP) Nomer 1 Th. 2017 mengenai pergantian ke empat Ketentuan Pemerintah Nomer 23 Th. 2010 mengenai Proses Aktivitas Usaha Pertambangan Mineral serta Batubara.

Seperti di ketahui, komposisi pemegang saham PT Freeport Indonesia, yakni 9, 36 % dipunyai oleh pemerintah, 9, 36 % oleh PT Indocopper Investama, serta 81, 28 % oleh Freeport-McMoran Copper and Gold Inc.

Geger di Indonesia, Saham Induk Freeport di AS Terkena Getahnya

Harga saham Freeport McMoran Inc, induk PT Freeport Indonesia, kembali tersungkur pada penutupan perdagangan Kamis atau Jumat saat Indonesia (24/2/2017).

Berdasar pada data Bloomberg, harga saham emiten di bursa New York itu ditutup turun sebesar 1, 83 % ke level 13, 48 dollar AS per saham. Pada perdagangan terlebih dulu, harga saham FCX selesai di level 13, 73 dollar AS per saham atau turun 2, 83 % dibanding penutupan perdagangan terlebih dulu.

Mengenai nilai pasar saham FCX sebesar 19, 4 miliar dollar AS atau sekitaran Rp 258, 02 triliun (anggapan kurs 13. 300). Mulai sejak 24 Januari 2017, saham FCX telah terjerumus 19, 3 %.

Menurut ekonom Samuel Aset Manajemen Lana Soelistianingsih, selalu tenggelamnya harga saham FCX karena pasar lihat kisruh pada pemerintah dengan anak usaha McMoran, yakni Freeport Indonesia.

” Saya sangka benar (itu) ada pengaruhnya, ” tutur Lana pada Kompas. com, Jumat. Seperti di ketahui Freeport Indonesia praktis tak lakukan ekspor konsentrat mulai sejak 12 Januari 2017, sesudah saat berlaku ketentuan relaksasi ekspor yang diterbitkan pada 2014 selesai.

Pemerintah Indonesia sudah tawarkan jalan tengah pada Freeport Indonesia, supaya tetaplah dapat beroperasi serta mengekspor konsentrat. Langkahnya yakni dengan merubah status Kontrak Karya jadi Izin Usaha Pertambangan Spesial (IUPK).

Sayangnya, Freeport Indonesia tak menyepakati sebagian ketetapan dalam status IUPK seperti permasalahan perpajakan yang perlu prevailing. Mereka tetaplah inginkan ketentuan perpajakan yang lama berlaku hingga saat kontrak habis (nail down).

Freeport Indonesia tetaplah bertahan dengan keputusannya serta bahkan juga meneror bakal membawa permasalahan ini ke meja arbitrase.

” Ketidakpastian lanjutan produksi Freeport ini bikin sentimen negatif harga saham McMoran, ” ucap Lana.

Menurut dia, belum ada titik temu pada pemerintah serta korporasi juga beresiko pada ketidakpastian itu.

Disamping itu, hingga berapakah jauh penurunan saham FCX ini berjalan, Lana malas berspekulasi. Ia juga tak dapat memprediksi apakah pasar bakal kembali mengapresiasi saham FCX saat masuk saat arbitrase.

Sebab, sistem arbitrase tersebut mengonsumsi saat lumayan lama. ” Yang tentu sekarang ini yang di tangkap (pasar) yaitu ketidakpastian. Arbitrase perlu saat satu, dua th.. Serta, sepanjang itu Freeport tak produksi, ” kata Lana.


Leave a Reply