Bencana alam terbesar sepanjang sejarah di Indonesia

bencana-alam-terbesar-sepanjang-sejarah-di-indonesia

 

Letak geografis Indonesia yang berada pada posisi pertemuan 4 lempeng tektonik menjadikan Indonesia termasuk ke dalam wilayah yang rawan sekali akan terjadinya bencana, hal ini memang benar adanya karna didalam sejarah bangsa Indonesia terdapat beberapa bencana alam besar yang pernah terjadi dan mengakibatkan berdampak sampai ke seluruh negara di dunia.

 

Berikut ini adalah bencana alam besar yang pernah terjadi di Indonesia :

  1. Tsunami Ende, Flores, NTT

Gempa bumi yang berkekuatan 7,8 SR ini terjadi di lepas pantai utara bagian timur Pulau Flores, Indonesia. Gempa ini terjadi tepatnya pada tanggal 12 Desember 1992 dan gempa ini juga terasa hingga Bali, gempa ini juga mengakibatkan serangkaian tsunami yang sampai di pantai Flores hanya dalam waktu dua menit setelah gempa pertama, dan mencapai setiap bagian dari pantai utara dalam waktu lima menit saja. Terhitung 2.000 orang meninggal dan 1.800 rumah rusak.

  1. Gunung Kelud, Kediri, Jawa Timur

Letusan gunung kelud yang terjadi pada tahun 1919 ini merupakan letusan terbesar yang dihasilkan dari aktifitas gunung Kelud, sekitar 5160 orang meninggal akibat bencana alam ini. Letusan yang terjadi pada tengah malam ini ditandai dengan suara dentuman yang sangat keras bahkan hingga terdengar sampai ke Kalimantan.

  1. Tsunami Aceh

Ketinggian tsunami yang mencapai angka 35 meter ini disebabkan karena gempa bumi tektonik berkekuatan 8,5 SR yang berpusat di Samudra Hindia. Menurut bantuan darurat dari PBB tercatat 127.672 orang.

Itu dia 3 bencana alam besar dan parah yang pernah terjadi di Negara Indonesia tercinta ini oleh sebab itu kita harus lebih bisa menjaga alam.


Leave a Reply