5 negara penghasil minyak terbesar

 

n00241235-b-714487

Minyak bumi adalah salah satu hal yang tentunya sangat penting bagi kehidupan umat manusia saat ini. Ya, segala aktifitas manusia saat ini bisa saja lumpuh jika minyak bumi ini seketika hilang dari dari bumi. Minyak bumi ini bersifat terbatas, alias suatu saat bisa habis keberadaanya. Maka dari itu, sudah lama banyak di gembar-gemborkan akan penggunaan energy alternative agar suatu saat ada energy pengganti jika minyak bumi benar-benar habis. Nah disini kami akan mengurutkan beberapa negara  penghasil minyak terbesar didunia :

  1. Kanada

Negara yang menjadi tetangga dari amerika serikat ini merupakan salah satu negara yang menghasilkan minyak cukup banyak. Setiap harinya kanada mampu memproduksi 4,07 juta barel. Namun kebanyakan minyak yang di hasilkan oleh negara ini di ekspor kenegara lainnya. Karena memang minyak bumi bukanlah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat kanda ini

  1. China

Negara tirai bambu ini adalah salah satu negara penghasil minyak terbesar. Negara china ini mampu menghasilkan 4,46 juta barel per hari. Namun di samping produksi minyak nya yang tinggi, konsumsi minyak negara ini juga cukup tinggi, bahkan china di nobatkan sebagai negara yang paling konsumtif akan minyak bumi. Ya, mungkin hal itu juga di karenakan banyaknya industry di negara ini, karena memang china adalah salah satu negara industrial terbesar di dunia.

  1. Rusia

Negara yang juga menjadi negara penghasil minyak adalah rusia. Ya, negara adi daya kedua ini memang memproduksi minyak bumi dengan jumlah yang cukup besar. Mungkin karena luas negaranya yang juga sangat luas, membuat potensi minyak di negeri ini banyak sekali. Setiap harinya rusia memproduksi minyak sebanyak 10,59 juta barel. Namun meskipun sebanyak itu, konsumsi minyak negara ini hanya 3,2 juta barel perhari sehingga minyak nya ini bisa di ekspor kenegara lainnya. Tapi meskipun berlimpah minyak, rusia bukanlah anggota negara opec.

  1. Arab Saudi

Ya, mungkin kamu pun sudah mengetahui bahwa negara timur tengah ini adalah salah satu negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia. Bahkan banyak negara-negara yang mengimpor minyak dari negara arab ini. Setiap harinya arab Saudi mampu memproduksi minyak sebanyak 11,59 juta barel. Konsumsi minyak negara arab sendiri mencapai 2, 81 juta per hari.Maka sudah jelas masih banyak minyak yang bisa di ekspor oleh arab Saudi.

  1. Amerika Serikat

Dengan alamnya yang kaya dan kemajuan teknologi yang sangat canggih, membuat amerika sangat pantas menjadi negara adi daya. Dengan kekayaan alamnya, amerika mampu memproduksi minyak sebanyak 12,31 juta barel perhari. Namun meskipun begitu, produksi minyak amerika hanya untuk keperluan negerinya sendiri. Sehingga amerika tidak bergabung dengan organisasi opec.

Nah itu adalah beberapa negara penghasil minyak terbesar di dunia. Meskipun saat ini minyak masih bisa diambil dengan jutaan barel, suatu saat tentu minyak bumi pun akan habis. Maka dari itu alangkah baiknya jika dari saat ini kita sudah mulai memanfaatkan energy alternative.


Leave a Reply